Bangkok: Wisata Kuil Terbaik (Rute 1 Hari)

Thailand terkenal dengan background budaya-nya bernuansa Agama Buddha yang telah menyatu dengan kehidupan para Raja dan masyarakatnya sehari-hari sejak dahulu kala. Seakan tidak pernah terpisahkan, jika jalan-jalan ke Thailand, tempat wisatanya juga mencakup jalan-jalan ke Kuil/Vihara megah di setiap perjalanan Tour/Travel, bucketlist para backpacker dan rekomendasi orang lokal Thai.

Tanpa melihat background Agama apapun, sebenarnya jalan-jalan ke Kuil/Vihara/Temple di Bangkok kita secara tidak langsung bisa mengenal budaya orang dan bangsa Thailand itu sendiri. Kuil-kuil di Thailand terbuka untuk semua Agama sehingga terbuka untuk semua kalangan Turis. Yang perlu kita perhatikan adalah menjaga etika dan sopan santun selama berada di kawasan wisata tersebut layaknya kita ke tempat ibadah di Indonesia.

Jika kamu berkunjung ke Bangkok dan menyempatkan 1 hari untuk wisata Religi atau sekedar explore tempat wisata Kuil di Bangkok, berikut lokasi dan rute rekomendasi saya agar kamu bisa hemat waktu perjalanan dalam 1 hari tersebut bisa keliling Kuil-Kuil terbaik.

Saya pilih 4 Kuil yang paling terkenal dan favorit dikunjungi turis. Urutan dibawah ini adalah berdasarkan rute terdekat tengah Kota Bangkok (Pusat), bukan berdasarkan rating paling bagus. Ini karna saya yakin setiap Kuil punya khas tersendiri dan tiap pembaca blog ini juga punya standar rating tersendiri tentang keindahan Kuil.

Disarankan mulai rute ini dari pagi sebelum jam 10.00 sudah berada di kuil pertama agar keburu sebelum Kuil terakhir tutup jam 5 (17.00) sore.

bangkok-temple-route-final

  1. WAT SAKET (TEMPLE OF GOLDEN MOUNT)

wat-saket-insta

Kuil ini dibangun dengan tinggi sekitar 58 meter, puncak diberi stupa emas raksasa sehingga terkesan seperti sebuah gunung dengan puncak emas jika berada dari kejauhan.

Foto terbaik memang terlihat bagus dari kejauhan karna sangat kontras tinggi-nya dibanding bangunan sekitarnya, tapi pemandangan dari atas Kuil ini juga tidak kalah menarik. Pendakian lebih dari 300 anak tangga dengan masing-masing tinggi anak tangga terbilang rendah (mudah), sesampainya di puncak bangunan kita bisa enjoy dan memotret panorama 360 derajat kota Bangkok yang indah.

Buka: 08.00 – 17.00 (tiap hari)

 

2) GRAND PALACE/ WAT PHRA KAEW

img_20170103_212355_151

Perjalanan ke Kuil berikutnya, Grand Palace, perlu menaiki Taxi/Uber/Grab karena tidak ada lintasan BTS dan MRT yang berdekatan dengan Grand Palace.

Grand Palace dulunya adalah rumah bagi keluarga Raja Thailand. Sekarang lebih ke pusat budaya, pariwisata dan untuk upacara Negara dan keagamaan. Grand Palace sudah menjadi landmark/ symbol kota Bangkok untuk kepopuleran-nya.

Di dalam Grand Palace bagian outer-court ada bangunan Temple of Emerald Buddha (Wat Phra Kaew). Disebut Emerald Buddha karena memiliki gambar Sang Buddha yang dipahat diatas sebuah batu Zamrud indah. Kuil ini dikelilingi oleh bangunan mirip candi-candi yang indah dilapisi emas.

Pergi ke sini uda kayak 1 lokasi dapat 2 tempat wisata. Arsitektur nya indah, megah dan dijamin banyak deh foto-foto kamu disini. Info lengkap tentang isi Grand Palace ke blog post ini (http://wp.me/p8ijus-24)

Buka: 08.00 – 17.00 (tiap hari)

Tiket: 100 Baht

 

3) WAT PHO (TEMPLE OF RECLINING BUDDHA)

Processed with VSCO

wat-pho-reclining-buddha-bangkok-travel-guide1

Jarak Kuil ini pas di sebelah lokasi Grand Palace. Salah satu Kuil terbesar di Bangkok, kuil ini terkenal dengan Patung Buddha Tidur raksasa (Reclining Buddha) yang seluruhnya dibalut dengan emas. Tinggi bisa mencapai 15 meter, panjang 46 meter, sangat besar hingga Patung Buddha raksasa ini seakan disesak-kan masuk dalam bangunan kuil.

Bagian kaki Patung Buddha juga diukir unik, menunjukkan 108 karakteristik yg me-representasikan 108 perbuatan dan symbol yang membantu Sang Buddha mencapai penerangan sempurna.

Selain Patung Buddha raksasa, area kuil ini juga sangat luas untuk di-explore karena Kuil ini juga terkenal sebagai pusat edukasi tradisional massage dan pengobatan.

Buka: 08.00 – 17.00 (tiap hari)

Tiket: 100 Baht

 

4)WAT ARUN (TEMPLE OF DAWN)

wat-arun-retouched

Dari Wat Pho, menuju ke Wat Arun kita perlu menyeberangi sungai Chao Phraya. Keluar dari Exit terdekat dari pavilion Patung Buddha Tidur raksasa, ada penunjuk arah untuk tempat berlabuh kapal penyeberangan. Hanya sekitar 13 Baht tiket kapal, kita akan melintasi sungai yang hanya makan waktu sekitar 5 menit saja.

Wat Arun kalau dilihat dari dekat untuk bangunan dan penempatan lokasi antar candi mirip dengan Candi Prambanan punya Indonesia. Yang menariknya dari Wat Arun adalah saat menjelang matahari terbenam (sunset) karena dari sisi Sungai, sunset terlihat seperti pas di belakang Wat Arun sehingga dinamakan Kuil Fajar (Temple of Dawn).

Banyak orang mengabadikan foto Wat Arun layaknya landmark kota Bangkok karna terlihat anggun di atas air, di bawah langit senja sore (sunset) dan dihiasi lampu Candi warna emas. Oleh karena ita saya menempatkan Wat Arun di rute terakhir perjalanan wisata Kuil 1 hari ini supaya anda tidak melewatkannya.

Buka: 8.30 – 17.30

Ticket: 100 Baht

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s